Hukum Newton 1

Posted by Muhammad Najmuddin Friday, April 25, 2014 0 masukan
Pernahkah Anda, ketika naik kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi, tiba-tiba kendaraan tersebut berhenti tanpa kita duga? Pasti kebanyakan menjawab pernah, atau bahkan sering. Menurut survey Cak Lontong, dari 10 orang penumpang angkot yang berhenti mendadak, 12 orang terpental ke depan. Jika Anda berpikir survey itu salah, maka Anda salah. Karena ada kenek  dan supir yang juga terpental.
Tahukah Anda kenapa itu bisa terjadi? Jangan tanyakan pada rumput yang bergoyang. Dan juga jangan tanyakan pada bulan.
Dalam ilmu fisika dijelaskan, bahwa itu disebabkan karena terjadinya Hukum Newton 1. Bunyi hukum newton satu itu “Bahwa Benda yang tidak dipengaruhi gaya dari luar atau dipengaruhi gaya dengan resultan nol akan tetap melaju dalam kecepatan tetap” Hukum ini juga dikenal dengan nama hukum kemalasan atau kelembaman. Secara matematis hukum newton bisa ditulis seperti berikut:

∑F = 0   maka V = Tetap

Apakah Anda paham dengan teori tersebut? Oh, tidak ya.. yasudah deh. Karena saya pun tak akan membahas rumus itu lebih panjang. Yang pasti ketika mobil yang bergerak berhenti mendadak, kita yang sedang duduk nyaman tanpa sabuk pengaman akan tetap bergerak ke depan alias terpelanting ke depan karena sudah terbiasa duduk di dalam mobil yang bergerak tanpa persiapan kalau-kalau mobilnya berhenti.
Sama halnya dalam interaksi kita dengan apapun atau siapapun.
Kita pasti pernah punya barang kesayangan. Mungkin barang kesayangan tersebut selalu dibawa kemanapun kita pergi. Ke sekolah, ke tempat kerja, ke kamar, kamar mandi, kamar teman, kamar mayat, dll. Tapi ketika barang kesayangan tersebut hilang atau rusak, kita merasa ada yang hilang. Hidup tak seperti biasanya, tak seindah biasanya.
Begitu juga hubungan kita dengan seseorang, apalagi orang yang memang memiliki arti lebih dalam hidup kita. Ketika kita sedang nyaman menghabiskan banyak waktu bersama seseorang, tiba-tiba suatu saat kita tak bisa bertemu orang tersebut, kita akan merasa kehilangan. Seperti saat mobil berhenti mendadak, tubuh kita masih ingin bergerak. Kita ingin orang tersebut  masih ada bersama kita. Karena kita sudah terbiasa bersama orang tersebut.
Saya pun sering mengalami hal seperti itu. Karena terbiasa bertemu hampir tiap hari, dan saya nyaman ketika bersama seseorang tersebut, saya pun merasakan rasa yang beda. Dan saya sering salah menafsirkan rasa tersebut sebagai rasa yang lebih dari sekadar suka. Padahal, setelah saya sudah lama tak bertemu dengan seseorang tersebut, rasa itu perlahan memudar. Jadi, sebenarnya rasa apakah itu?

Saya tak terlalu peduli dan memikirkan hal itu. Yang pasti, ketika kita kehilangan benda kesayangan kita, kita harus merelakannya. Kita bisa memiliki benda kesayangan yang baru yang sejenis ataupun baru.
Ketika kita sudah tak bisa bersama seseorang seperti biasanya, atau bahkan kehilangannya, kita juga harus merelakannya. Kita harus move on untuk membangun interaksi atau hubungan yang baru dengan seseorang yang lain.

Ketika kita terpelanting jatuh ke depan karena mobil yang berhenti mendadak, kita harus berusaha menahan tubuh kita agar tak terpelanting terlalu jauh. Dan jika sudah terlanjur jatuh, kita harus  bangun kembali untuk melanjutkan perjalanan kita.
58_Angkot_nge-rem_mendadak
Sumber Gambar : http://komikangkot.wordpress.com
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link ke https://muhammadnajmuddin.blogspot.com/2014/04/hukum-newton-1_25.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

HAVE A NICE DAY!


^_^

0 masukan:

Post a Comment

Copyright of My F***** Story.